Alasan Kemampuan Analitis Membantu Kesuksesan Berkarir (1)

Admin,
2 Maret 2022 - 3:46

Teliti dalam pekerjaan membuat Anda terbiasa dengan detail. Masalah yang terjadi di dalam perusahaan tidak dapat dianalisis dari permukaan saja, harus dikaji lebih untuk mengetahui apa yang menyebabkan demikian.

Kemampuan ini sangatlah penting guna menunjang kinerja dan membantu kemajuan perusahaan tempat kerja. Namun demikian, ada alasan lain mengapa skill analitis bisa membantu kesuksesan?

  • Penganggaran

Pemilik, manajer dan kepala departemen harus mampu menganggarkan tim serta proyek. Mereka yang memiliki kemampuan analitis akan menggunakannya untuk mengumpulkan, menganalisis dan menafsirkan data dan memperkirakan secara akurat anggaran di masa depan.

  • Ide dan saran menonjol

Atasan menugaskan mencari cara guna meningkatkan efisiensi. Di saat yang lain menggunakan berbagai jalan mulai dari menyarankan bonus, penjadwalan ulang hingga penyelesaian tugas tepat waktu, Anda justru hadir dengan solusi konkret yang didukung oleh penelitian dan data yang bisa diverifikasi.

  • Kolaborasi

Saat bekerja dalam kelompok atau tim, penting bagi setiap orang memiliki pemahaman jelas tentang empat hal, antara lain: apa masalahnya, bagian mana dari solusi yang menjadi tanggung jawab mereka, kerangka waktu yang harus diselesaikan, seperti apa hasil yang bisa diterima. Itu semua merupakan pendekatan analitis untuk manajemen proyek.

  • Perbandingan

Tidak ada solusi yang sempurna dan seringkali suatu masalah memiliki lebih dari satu jalan keluar. Keahlian analitis memungkinkan untuk mengevaluasi pro dan kontra dari berbagai skenario guna memaksimalkan positif dan negatif tersebut.

  • Diagnosis yang tepat

Memiliki keahlian analitis yang baik memungkinkan dapat mendiagnosis masalah secara tepat. Data dapat menunjukkan bahwa ada masalah dalam proses pembuatan, misalnya apakah penyebab cacat desain, bermasalah dengan pemasok, kesalahan manusia atau kontrol kualitas.

Beberapa alasan dilanjutkan pada artikel berikutnya. Simak terus keuntungan punya bakat analitis, ya.

 

 

 

Lapor Pengaudan
Logo WhatsApp